DEFILE KONTINGEN RNI DALAM PEMBUKAAN PORSENI BUMN 2016

Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) BUMN kembali digelar, pada tahun ini tidak kurang 118 BUMN turut berpartisipasi dan bersaing untuk meperebutkan gelar sang juara. Sebagai tanda dimulainya kegiatan tahunan yang diselenggarakan Forum Humas BUMN tersebut, pada Minggu, 27 November 2016, bertempat di Kementerian BUMN dan sepanjang arena Car Free Day (CFD), Jakarta, dilaksanakan acara pembukaan Porseni BUMN yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, segenap pejabat Kementerian BUMN, dan para Direksi BUMN.

Kemeriahan acara sudah terasa dari pagi tadi. Kontingan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang akan mengikuti defile pada acara tersebut telah berkumpul di lobi Gedung RNI, Jakarta, sejak subuh. Iring-iringan kontingen RNI tidak hanya berisi para atlet, sebagai bentuk dukungan hadir ditengah-tengah barisan Direktur Utama PT RNI Didik Prasetyo beserta jajaran Direksi, para Group Head, dan Head.

Acara yang kental nuansa keberagaman tersebut diawali dengan Jalan Santai dari Gedung Kementerian BUMN lalu mengitari sebagian lokasi CFD dan kembali ke lokasi awal. Jalan santai dibuka oleh pertunjukan budaya Betawi yaitu pencak silat dan berbalas pantun.

Ada hal yang menarik dalam Jalan Sehat ini, mengingat sepanjang perjalanan Ibu Menteri beserta rombongan defile diminta untuk singgah di 5 stage yang merupakan representasi dari 5 Kedeputian di Kementerian BUMN, yaitu Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri srategis, dan Media, Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survey, dan Konsultan, Deputi Bidang Restrukturisasi dan pengembangan Usaha, dan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis.

Masing-masing kedeputian kemudian mempersembahkan pertunjukan kesenian yang akan dinilai oleh Ibu Menteri BUMN. PT RNI bersama 15 BUMN lain yang tergabung ke dalam Kedeputian Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi memberikan persembahan tari Jaipong. Sebagai stage pertama yang disinggahi, BUMN-BUMN dibawah Kedeputian Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi cukup sukses bersinergi memberikan persembahan tarian yang dipentaskan secara masal itu. Ibu Menteri tampak terpukau dan ikut menari. Dalam penilaian, Tim Jaipong meraih penilaian terbaik ke-2 dari 7 peserta. Adapun Kedeputian lain juga memberikan beragam pertunjukan seperti tari legenda Ramayana, tari Kecak, dan Reog Ponorogo.

Usai Jalan Sehat, acara dilanjutkan pada sesi Pembukaan Porseni di halaman Gedung Kementerian BUMN. Sebelumnya, dilakukan pemberian penghargaan kepada siswa peserta program Siswa Mengenal Nusantara yang menjadi pemenang lomba Menulis Surat untuk Ibu Menteri BUMN. Adapula pemberian penghargaan kepada para seniman dan atlet berprestasi penyandang disabilitas. Pembukaan Porseni dilakukan oleh Ibu Rini M. Soemarno secara simbolis dengan penekanan tombol sirine bersama para Pejabat Kementerian BUMN dan Direksi BUMN.

Dalam sambutannya, Ibu Rini M Soemarno mengatakan tujuan utama kompetisi ini diadakan adalah sebagai ajang silaturahim antar BUMN dan sarana persatuan untuk menjunjung sportifitas, kerjasama dan totalitas. Beliau juga mengatakan, melalui porseni ini diharapkan akan tumbuh dan muncul bakat-bakat terbaik dari insan BUMN.

Setelah resmi dibuka, secara reguler Porseni BUMN akan menggelar berbagai pertandingan Seni dan olah raga. Kami ucapkan selamat bertanding untuk Kontingen RNI, dengan usaha terbaik dan doa semoga prestasi bisa ditorehkan.