Jiwasraya, RNI, dan HIN Gelar Upacara HUT RI ke-73 di Bali & Penyerahan Bantuan Bedah Rumah

DENPASAR – Dalam rangka memperingatu HUT RI ke-73 BUMN Pelaksana Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali, yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Rajawali Nusantara Imdonesia (Persero) (RNI), dan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN) mengelar Upacara Peringatan HUT RI Ke-73 di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar, Jumat, 17 Agustus 2018. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat Bali.

Upacara dipimpin oleh Direktur Utama Jiwasraya Asmawi Syam, dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN Agus Suharyono, Direktur Pengendalian Usaha RNI Agung P. Murdanoto, Direktur Utama HIN, peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Timur (Kaltim), dan perwakilan BUMN yang berkantor di Bali.

Ketiga BUMN tersebut, menyerahkan bantuan bedah rumah kepada masing-masing satu orang karyawan yang berasal dari Jiwasraya, RNI, dan HIN. Bantuan bedah rumah masing-masing sebesar Rp50 juta itu diserahkan secara simbolis setelah upacara 17 Agustus 2018 itu.

"Kami apresiasi bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan," kata Agus Suharyono ketika hadir dalam upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Denpasar.

Sementara itu, Dirut Jiwasraya Asmawi Syam mengatakan program bedah rumah tersebut diprakarsai oleh Menteri BUMN Rini Soemarno yang pada awalnya untuk membantu para veteran. "Kini program bedah rumah itu juga merambah para karyawan masing-masing perusahaan BUMN yang membutuhkan renovasi tempat tinggal mereka," katanya.

Pihaknya mengharapkan bedah rumah dari BUMN juga akan merambah para pejuang olahraga atau atlet yang telah mengharumkan negara di kancah olahraga dunia.

"Awalnya, kami tujukan ke veteran pejuang yang butuh bantuan kemudian berlanjut karena sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan harapannya semua veteran pejuang yang dibantu sudah selesai. Kami harap akan membantu para pejuang lain seperti para atlet dan karyawan BUMN sendiri," katanya.

Secara terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Wiwik Prihatini mengatakan Upacara HUT RI ke-73 dihadiri seratusan karyawan dari sekitar 38 perusahaan BUMN yang ada di Bali.

"Terkait bantuan bedah rumah tersebut, masing-masing tiga BUMN itu memberikan Rp50 juta kepada masing-masing karyawan perusahaan setempat yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan diantaranya berlokasi di Singaraja dan Karangasem," katanya.

Selain penyerahan bedah rumah, dalam upacara peringatan HUT RI itu juga diserahkan secara simbolis sertifikat bagi para program siswa SMA dari Kaltim yang mengikuti program SMN di Bali sejak 12 Agustus hingga 20 Agustus.

Sementara itu, Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI seharusnya dilaksanakan di lapangan taman Rama Sita kawasan Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, namun mengingat cuaca di Denpasar dan sekitarnya sedang diguyur hujan deras sejak pagi, maka panitia penyelenggara memindahkan upacara HUT RI di gedung Agung Room hotel setempat.

Meski dilaksanakan di dalam ruangan pelaksanaan upacara peringatan detik-detik kemerdekaan RI oleh perusahaan BUMN itu berjalan lancar mulai pukul 08.45 Wita hingga pukul 09.17 Wita, lalu dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta kepada 23 peserta SMN 2018 dan penyerahan bantuan bedah rumah karyawan BUMN.