Laksanakan RAT, Laba Kokarindo Meningkat

JAKARTA – Koperasi Karyawan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Kokarindo) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017, Sabtu, 5 Mei 2018, di Auditorium Gedung RNI, Jakarta. Agenda tahunan yang membahas laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas atas kinerja Koperasi selama tahun 2017 ini di hadiri oleh Direktur Keuangan dan SDM PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) M. Yana Aditya, Ketua Umum Kokarindo Nurdin Iswahjudi, Perwakilan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Perdagangan Ardiansyah Putra, jajaran Pengurus, Pengawas, Serikat Pekerja RNI dan Rajawali Nusindo, serta para perwakilan Anggota Kokarindo.

Dalam sambutannya, pertama-tama Yana menyampaikan selamat atas peningkatan laba yang dicapai Kokarindo pada tahun ini. Sisa hasil usaha (SHU) Kokarindo setelah pajak pada tahun 2017 tercatat sebesar Rp 2,5 miliar atau meningkat 33% dibanding pencapaian tahun 2016 sebesar Rp1,8 miliar.

Atas pencapaian tersebut, Yana berpesan agar dalam pengelolaannya pengurus harus dapat mengendalikan biaya. “Kalau bisa mengendalikan biaya maka SHU yang dibagikan kepada anggota lebih besar. Jangan sampai pendapatan naik tapi biaya ikut naik,” ujarnya.

Yana mengaku bangga dengan pertumbuhan Kokarindo yang terbilang pesat. Ia berharap agar koperasi kebanggaan karyawan RNI tersebut dapat terus tumbuh sebagai sokoguru kesejahteraan seluruh anggota.

“Koperasi didirikan untuk kesejahteraan anggota, selain itu koperasi adalah organisasi ekonomi, oleh sebab itu jangan membuat pendekatan selain ekonomi di koperasi, karena sudah banyak contoh koperasi yang didirikan diluar motif ekonomi dan bisnis namun pada akhirnya gagal. Saya mendukung agar koperasi ini dapat terus berkembang dengan menambah jenis usaha serta berekspansi secara lebih agresif tapi tetap hati-hati,” paparnya.

Sementara itu, Ardiansyah juga turut mengucapkan selamat kepada Kokarindo atas terlaksananya RAT. Menurutnya, sampai bulan Mei ini masih banyak koperasi BUMN dan swasta yang belum melaksanakan RAT. “Alhamdulillah Kokarindo sebelum Ramadan sudah RAT, sehingga saat Ramadan anggota sudah dapat menikmati SHU-nya,” ujarnya diiringi tepuk tangan anggota yang hadir.

Sebagai perwakilan dari pemerintah, Ia menekankan agar Koperasi harus dapat hadir membantu kebutuhan para anggotanya. “Jangan sampai Koprasi abai sehingga anggota-anggotanya malah terjebak dalam tawaran pendanaan yang memberatkan dikemudian hari,” pesannya.

Adapun dalam laporan pertanggungjawaban Pengurus, Nurdin menyampaikan berbagai pencapaian positif koperasi baik secara kumulatif maupun spesifik dari setiap ragam usaha yang dimiliki seperti sembako, alat tulis kantor, foto copy, sewa mobil, taman, cleaning service, parkir, outsource, dan simpan pinjam.

Sementara itu Haris Aidi, mewakili dewan pengawas menyampaikan bahwa kegiatan koperasi selama periode tahun 2017 baik itu dalam bidang organisasi, bidang usaha, dan bidang keuangan, telah sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), serta ketentuan yang berlaku. (Humas RNI)