Sumber Daya Manusia dan Organisasi

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran sebagai aset berharga yang menunjang upaya RNI dalam mewujudkan visi dan misi serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Guna menunjang peran SDM tersebut, maka Perusahaan senantiasa berupaya untuk dapat menciptakan SDM yang memiliki kualitas tinggi dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan fungsi jabatannya. SDM yang berkualitas turut meningkatkan daya saing dalam pasar yang kian kompetitif.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Perusahaan menerapkan infrastruktur dan mekanisme pengelolaan yang baik terhadap SDM. Dengan adanya sistem pengelolaan yang baik, segala kebutuhan pengelolaan SDM yang sesuai dengan skala bisnis Perusahaan dapat terakomodasi dengan baik. Kebutuhan dasar dalam pengelolaan SDM tersebut mencakup beberapa aspek, seperti mekanisme rekrutmen karyawan, distribusi dan pengomposisian karyawan, sistem remunerasi yang memadai, pengembangan kompetensi karyawan, serta pemenuhan hakhak karyawan pada masa kerja maupun pasca kerja.

Guna memenuhi kebutuhan dasar tersebut dan menjawab tantangan usaha di bidang SDM, Perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap sistem tata kelola yang baik. RNI senantiasa berupaya menerapkan mekanisme pengelolaan yang tepat, efektif, dan efisien sehingga fungsi SDM dalam menunjang keberhasilan Perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Guna mewujudkan SDM berkualitas yang berperan besar dalam kesuksesan, Perusahaan menjalankan berbagai langkah, antara lain:

  1. Pola jalur karir karyawan yang kian disempurnakan dengan mengacu pada kapabilitas dan kemampuan yang dimiliki karyawan.
  2. Kompetensi karyawan yang terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan secara berkala dan berkelanjutan.
  3. Rekrutmen yang dilaksanakan secara efektif dan efisien serta pemanfaatan tenaga karyawan secara optimal, terutama yang memiliki kapabilitas sesuai dengan kebutuhan Perusahaan sehingga diharapkan dapat menggantikan fungsi karyawan yang telah memasuki masa pensiun.

Dalam hal pengelolaan SDM, Perusahaan memiliki fokus pada aspek pengoptimalan dan pemberdayaan SDM guna menunjang aktivitas operasional usaha yang dapat meningkatkan kinerja Perusahaan secara umum. Pola pengoptimalan dan pemberdayaan yang dilakukan Perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Menanamkan nilai-nilai bersih, jujur, kerja keras, dan kerja ikhlas kepada karyawan dalam melaksanakan tugastugasnya dengan memberikan contoh keteladanan dan pendampingan di lapangan secara efektif.
  2. Praktik kerja yang patuh pada ketentuan yang berlaku dan berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).
  3. Meningkatkan budaya inovasi dan pemanfaatan sumber daya Perusahaan yang belum optimal.

Adapun, guna meningkatkan kualitas dan mengembangkan kapabilitas SDM, Perusahaan mengadakan kegiatan utama yaitu coaching, counseling, dan mentoring yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari pimpinan puncak, manajemen menengah, hingga supervisor terhadap jajarannya. Perusahaan sangat menekankan pola pendampingan dan keteladanan pimpinan dan pola tersebut menjadi ukuran kinerja utama yang ditetapkan bagi para pejabat struktural Perusahaan. Melalui pendampingan dan bimbingan dalam pelaksanaan fungsi dan tugas seharihari, Perusahaan menanamkan berbagai nilai Perusahaan yaitu Profesionalism, Integrity, Teamwork, Excellence, dan Respect ke setiap level karyawan Perusahaan.