RNI Bersama Pelni Tanda Tangani MoU Bidang Logistik

JAKARTA – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) kembali menggalang sinergi BUMN kali ini dengan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa pelayaran, yaitu PT Pelayaran Indonesia (Persero) (Pelni). Kerjasama tersebut ditandai dengan penadatanganan Memorandum of Understanding (MoU), pada Jumat, 2 Maret 2018, di Jakarta.

 

Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI Agung P. Murdanoto dengan Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing dan disaksikan oleh Deputi Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Kementerian BUMN Ahmad Bambang tersebut menyepakati penjajakan kerjasama dalam bidang logistik.

 

Acara tersebut terasa spesial karena dilakukan di atas KM. Kelud milik Pelni yang tengah bersandar di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penadatangan MoU antara Pelni dengan beberapa BUMN dan Organisasi Olahraga, seperti Perum Produksi Film Negara (PFN), Perum Damri, dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

 

Menurut Insan, kerjasama Pelni dengan RNI diharapkan dapat semakin memperkuat posisi Pelni sebagai jalan tol-nya laut-laut antar pulau di Indonesia. “Pelni bisa memberikan bantuan yang lebih nyata dalam hal transportasi bagaimana mendeliver produk-produk dari RNI dari Jawa ke luar Jawa, dan dari luar Jawa untuk bawa kembali ke Pulau Jawa,” ujarnya.

 

Dipaparkan juga dalam kesempatan tersebut, sinergi Pelni dengan RNI dan Damri merupakan kesepakatan bisnis di bidang logistik, yang turunannya dapat melebar ke segala lini kegiatan ketiga perusahaan tersebut. Pelni sendiri memiliki anak usaha yang bergerak di sektor bongkar muat yaitu PT Sarana Bandar Nasional. Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 46 kapal perintis yang menjangkau begitu banyak kota besar maupun daerah terpencil di Nusantara.

 

Adapun sinergi RNI dengan Pelni saat ini telah berjalan dalam program Tol Laut Nusantara. Melaui Anak Perusahaannya yang bergerak dalam bidang trading dan distribusi PT Rajawali Nusindo, RNI menyuplai berbagai kebutuhan pokok untuk dikirimkan ke pulau-pulau terluar Indonesia, diantaranya Natuna, Sangihe, Talaud, dan Morotai dengan menggunakan armada Kapal Pelni.

 

Pada 8 November 2017 lalu, RNI bersama Pelni mengirimkan beras sebanyak 22 ton, gula bulk 20 ton, minyak goreng 46 ton, tepung terigu 20 ton, dan semen 100 ton yang bekerja sama dengan PT Semen Tonasa ke Pulau terpencil di Indonesia Timur. Komoditas seniali Rp 1,1 miliar tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung perak Surabaya.