RNI Luncurkan Produk Raja Gula

Jakarta, 2 Juli 2013.PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) perusahaan BUMN yang bergerak di bidang Agro Industri, Farmasi & Alat Kesehatan dan Perdagangan & Distribusi meluncurkan produk gula ritel dengan nama Raja Gula. Gula kemasan tersebut siap bersaing di gula jenis premium.

Direktur Utama PT RNI, Ismed Hasan Putro mengatakan kebutuhan akan gula jenis premium makin meningkat seiring dengan peningkatan konsumen kelas menengah. Mereka lebih memilih mengonsumsi gula yang incumsanya di bawah 100 persen

Menurut Ismed, kondisi riil pasar gula itu menjadi tantangan bagi BUMN Gula untuk terus melakukan revitalisasi pabriknya.

Pada tahun ini RNI akan memperbesar pangsa pasar penjualan gula dalam bentuk sachet dan kiloan. Untuk menunjang distribusi pasar retail, RNI telah bekerjasama dengan Alfamart serta Giant sebagai pasar moderen yang akan menjual produk gula sachet RNI tersebut. disamping itu RNI juga menjualnya sendiri melalui outlet khusus, yakni Rajawali Mart dan Waroeng Rajawali. RNI akan menjual produk Raja Gula dengan 7 varian yaitu kemasan seperempat kg, setengah kg, 1 kg, 5 kg, 25 kg, dan 50 kg.

Ismed mengatakan, pihaknya akan memperkecil porsi penjualan gula dalam bentuk bulk. Dari 170 ribu ton produksi gula di pabrik milik RNI tahun ini, sebanyak 140 ribu ton akan dijual dalam bentuk kemasan dan kiloan, sedangkan 30 ribu ton sisanya akan dijual dalam bentuk bulk, untuk memenuhi industri makanan dan minuman di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti dodol dan lain-lain

PT RNI bisa memutus mata rantai distribusi gula yang panjang melalui pengoperasian anak usahanya di sektor penjualan dan distribusi, yakni PT Rajawali Nusindo.

Keberadaan anak usaha RNI ternyata bisa memotong jalur distribusi gula, dengan menjual gula langsung ke konsumen.

PT RNI melalui anak perusahaannya PT Rajawali Nusindo dapat melakukan distribusi ke seluruh penjuru Indonesia dengan 42 cabang yang dimiliki. Bahkan kini, diperkuat dengan kepemilikan jaringan ritel yaitu Rajawali Mart dan Waroeng Rajawali serta dukungan mitra ritel nasional lainnya, penjualan produk termasuk produk baru Raja Gula kemasan diharapkan dapat menembus pasar ritel sehingga memberikan nilai manfaat lebih bagi konsumen.

Sekilas PT RNI

RNI bergerak di empat bidang usaha, yaitu agroindustri, farmasi dan alat kesehatan, serta perdagangan, distribusi, properti. Saat ini RNI memiliki 1 perusahaan induk (holding company) dan 13 anak perusahaan. Dalam bidang agro-industri, RNI memiliki dan mengelola 10 pabrik gula yang tersebar di Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur, perkebunan sawit dan perkebunan teh serta beberapa pabrik pengolahan produk hulu dan hilir berbasis tebu. Di bidang perdagangan dan distribusi, RNI memiliki anak perusahaan dengan cabang-cabang yang terdapat di kota besar seluruh Indonesia. Di bidang farmasi dan alat kesehatan meliputi pabrik obat, pabrik alat suntik  dan kondom. Gerai – gerai mini market dengan nama Rajawali Mart dan Waroeng Rajawali di Bali dan Jakarta serta beberapa kota yang tengah digarap di Indonesia.

 

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:

1.    Harry Poetranto, Sekretaris Korporasi, Hp. 0811 918591

       Email : harry.p@rni.co.id

 

2.    Riatin Hajriyanto, Ka. Bag Sekretariat, Hp. 0811 973372

        Email : riatin@rni.co.id

 

3.    Budi Perbawa Aji, Humas, Telp. 0816 796307

       Email: bp.aji@rni.co.id