RNI Raih Peningkatan Skor GCG

JAKARTA – Assessment Good Corporate Governance (GCG) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) tahun 2018 resmi ditutup dengan peningkatan signifikan skor GCG RNI menjadi 87,53 atau masuk ke dalam kualifikasi Sangat Baik. Pencapaian ini melengkapi tren positif perolehan skor GCG RNI dalam beberapa tahun terakhir dimana pada tahun sebelumnya hasil penilaian GCG RNI berada di angka 84,93 atau kategori Baik.

Dalam Closing Meeting Assessment GCG RNI yang diselengarakan pada, 28 Februari 2018, di Gedung RNI, Jakarta, Direktur Pengendalian Usaha dan Manajemen Risiko (DPUMR) PT RNI Elka Wahyudi mengatakan, peningkatan skor yang signifikan ini menjadi pemicu seluruh insan RNI untuk membuktikan bahwa apa yg dicapai tidak semata sekedar angka, tetapi juga mengakar dan menyatu sebagai habit dan tingkah laku dalam menjalankan bisnis.

Lebih lanjut, Elka juga mengucapkan syukur dan terima kasih atas terlaksananya penilaian ini. Ia berharap, dengan berbagai improvement yang akan dilakukan skor tersebut dapat meningkat dan pelaksanaan tata kelola di RNI semakin lebih baik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan menjalankan GCG dengan baik sehingga angka yang dicapai mampu meningkatkan posisi RNI. Hal ini menjadi motivasi untuk menjalankan prinsip-prinsip bisnis yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelum menutup acara, Elka mengatakan, area of improvement yang disampaikan akan disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait supaya dapat segera tindaklanjuti. “Report akan kami disampaikan kepada seluruh pihak terkait agar menjadi telaah untuk perbaikan,” katanya.

Selain laporan perolehan skor, dalam closing meeting tersebut juga dipaparkan Area of Improvement (AoI) yang merupakan bentuk evaluasi serta rekomendasi dari Tim Assessor Dinamika Pasifik Solusindo (DPS). AoI tersebut terbagi ke dalam 5 aspek yaitu, aspek Komitmen Terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Secara Berkelanjutan, Aspek Pemegang Saham dan RUPS, Asek Dewan Komisaris, Aspek Direksi, dan Aspek Pengungkapan Informasi dan Transparansi.

Pencapaian skor GCG RNI selama 3 tahun terakhir berada pada tren yang positif. Pada tahun 2015 memperoleh skor sebesar 83,75, sementara di tahun 2016 meningkat menjadi 84,93, dan penilaian yang baru saja dilakukan di 2018 atas kinerja tahun 2017 memperoleh nilai 87,53.