Salam Kemerdekaan dari Provinsi Terluar

“BUMN Hadir Untuk Negeri 2017 Kaltara Bulog-RNI, Upacara HUT RI Ke-72 di Tarakan”

 

TARAKAN - Masih dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2017 di Kalimantan Utara, Perum Bulog bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-72 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis 17 Agustus 2017. Upacara yang dipimpin oleh Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti tersebut dilaksanaka di tepi laut salah satu pulau terluar Indonesia.

 

Dalam amanatnya, Djarot memaparkan mengenai pentingnya mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata dan kerja bersama, serta peranan BUMN dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan Indonesia. Ia mengatakan, kita patut berterimakasei pada pendahulu karena atas perjuangannya bangsa ini dapat menikmati kemerdekaan.

 

“Banyak cara untuk memaknai kemerdekaan, salah satunya dengan kerja nyata dan kerja bersama kita yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” ujarnya.

 

Djarot mengatakan, BUMN berdiri sebagai perwujudan pernyataan pasal 33 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945, dimana cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. “Oleh karena itu, BUMN sebagai entitas ekonomi negara peranannya sangat krusial, dan menempatkannya sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi Indonesia. BUMN terdiri dari 118 entitas terbuka dan tertutup di berbagai bidang,” paparnya.

 

Upacara yang juga dihadiri Direktur Pengendalian Usaha dan Manajemen Risiko RNI Elka Wahyudi, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi RNI Agung P. Murdanoto, Direktur Health Care PT Rajawali Nusindo Lukmanul Hakim, serta Kadivre Bulog Kalimantan Timur dan segenap pimpinan BUMN yang berkantor di Kaltara tersebut berlangsung khidmat.

 

Dipayungi langit-langit Pantai Amal yang teduh, satu-persatu agenda upacara dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta upacara yang berasal dari siswa SMA/SMK setempat, perwakilan BUMN Kaltara, serta karyawan RNI dan Bulog tampak khusyuk seolah tengah meresapi setiap pesan kemerdekaan yang tersirat dalam suasana nan khidmat. Bagi mereka yang terbiasa menikmati hingar-bingar HUT RI di Ibu Kota mungkin ini menjadi pengalaman baru, sebuah salam kemerdekaan dari Provinsi Terluar.