Sambutan Direktur Utama

Assalamu 'alaikum wr.wb

Keberhasilan PT RNI (Persero) dimasa lalu khususnya di bidang perdagangan, agro industri dan produk kesehatan telah membuahkan diversifikasi usaha di bidang lainnya seperti kelapa sawit, karet dan teh serta memacu tumbuhnya usaha di bidang properti. Pada perkembangan selanjutnya dengan melihat karakter sumber daya di negara kita, serta tanpa mengecilkan peran industri manufaktur dan properti ada perubahan paradigma yang dilakukan PT RNI (Persero) dalam mengembangkan usahanya. Dengan berubah menjadi investment holding company PT RNI (Persero) akan lebih fokus ke dalam 3 (tiga) bidang usaha yaitu Agro Industri, Farmasi dan Alat Kesehatan serta Perdagangan. Dengan penegasan kembali arah perkembangan perusahaan, yaitu memprioritaskan bidang agro industri sebagai basis inti dan bidang perdagangan sebagai ujung tombak untuk menerobos pasar bagi produk-produk yang dihasilkan oleh bidang usaha lain.

Selain itu PT RNI (Persero) telah melakukan inovasi-inovasi dalam memanfaatkan seluruh unsur buangan (waste) yang kita istilahkan dengan "zero waste concept" serta mengubah mind-set (cara berpikir) bahwa PT RNI (Persero) bukanlah industri gula melainkan bergerak dalam industri tebu. Dengan demikian akan terjadi transfer pricing(pemindahan biaya) pada produk gula sebagai produk akhir utama, sehingga dapat menekan harga pokok produksi (Hpp) gula.

Di hadapan kita terbentang peluang-peluang bisnis yang akan diraih, khususnya yang terkait dengan pengolahan industri hilir dan produk samping lainnya, namun untuk meraihnya diperlukan langkah-langkah konsolidasi untuk menciptakan iklim manajemen yang sehat dan mandiri. Perkembangan perusahaan yang semakin meningkat ini juga tidak lepas dari peran karyawan yang kualitasnya senantiasa ditingkatkan melalui program pendidikan dan pelatihan secara sistematis.

Setelah 54 tahun berkiprah, PT RNI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kini siap untuk tampil lebih mandiri, produktif dan berdaya saing tinggi.

 

Wassalamu 'alaikum Wr.wb

 

B. Didik Prasetyo

Direktur Utama